Tuesday, November 8, 2016

Indonesia — id.pool.ntp.org | NTP Server

NTP adalah Network Time Protocol , Protocol yang di gunakan untuk melakukan syncron waktu/time dalam sebuah jaringan .NTP itu sendiri bekerja menggunakan jalur data TCP/IP. Juga NTP Menggunakan port  komunikasi UDP nomor 123 .


Indonesia — id.pool.ntp.org | NTP Server
Indonesia — id.pool.ntp.org | NTP Server


Indonesia — id.pool.ntp.org | NTP Server


Sekilah Sejarah NTP

NTP merupakan aplikasi yang dengan basis Internet protocol paling lama, paling tua dan sangat terdistribusi yang berjalan dalam Internet tanpa berhenti. NTP diciptakan pada tahun 1984 oleh seseorang bernama Dave Mills yang berasal dari Universitas Delaware. 

NTP sampai saat ini sudah tercipta sebanyak empat versi. NTP versi 0 atau cikal-bakal NTP protokol berawal pada tahun 1985. Versi percobaan ini akhirnya di dokumentasikan menjadi NTP versi 1 tiga tahun kemudian dalam RFC-1059. Kemudian pada tahun 1989 muncul versi 2 dari NTP yang di dalamnya terdapat cukup banyak fasilitas yang baru. 


Pada tahun 1992, versi 3 NTP muncul ke dunia Internet dengan konsep konsep baru terhadap penanganan error dan analisisnya untuk membuat perhitungan waktu lebih akurat. 
Namun, versi ini tidak bertahan lama karena setelah dilakukan evaluasi dan revisi yang teliti, dalam tahun yang sama juga, para peneliti merasa membutuhkan sebuah nomor versi baru untuk revisinya tersebut. Maka, jadilah NTP versi 4 yang lebih baik dan lebih banyak fasilitasnya daripada versi 3 nya. Salah satu fasilitasnya adalah adanya versi tambahan yang dibuat sangat ringan yang diberi nama SNTP.

untuk ip pool indonesia  bisa di cek langsung di sini


server 1.id.pool.ntp.org
server 0.asia.pool.ntp.org
server 2.asia.pool.ntp.org

Untuk wilayah asia memiliki NTP atau ip pool sebagai berikut .




server 0.asia.pool.ntp.org
server 1.asia.pool.ntp.org
server 2.asia.pool.ntp.org
server 3.asia.pool.ntp.org


http://www.pool.ntp.org/zone/id


Demikian untuk ntp server yang bisa di gunakan untuk syncron waktu atau jam secara otomatis .

Bagikan

Jangan lewatkan

Indonesia — id.pool.ntp.org | NTP Server
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.

5 comments

Tulis comments