Saturday, June 17, 2017

DHCP Security Pada Jaringan Mikrotik

Hi everyone ! 😆 . Hallo mas bro dan mbak bro salam Love Mikrotik ya 😆😆😆

Melanjutkan tulisan sebelumnya dengan judul :

Cara Konfigurasi DHCP Server Pada Mikrotik Secara Mudah


pada prinsipnya DHCP sudah memudahan client kita untuk bisa terkoneksi dengan router kita sehingga tidak repot lagi untuk bisa internet/terkoneksi. DHCP selain memudahkan kita untuk tahap lanjutkan kita juga perlu melakukan konfigurasi DHCP Security pada jaringan kita, sebagai langkah preventif/pencegahan dan keamanan. 

DHCP Security yang akan kita lakukan pada artikel ini adalah langkah preventif/pencegahan terjadinya conflik ip yang di akibatkan oleh user/client kita melakukan konfigurasi ip secara manual di sini akan kita paksa agar user atau client melakukan konfigurasi secara otomasi mengukuti DHCP server. 

DHCP Security Pada Jaringan Mikrotik

DHCP Security: Add ARP fo Leases


agar user/client kita tidak melakukan konfigurasi ip secara manual yang bisa membuat ip conflict pada jaringan kita, kita bisa menggunakan DHCP Security: Add ARP fo Leases. dengan konfigurasi ini membuat user yang melakukan konfigurasi secara manual tidak bisa melakukan interkoneksi dengan jaringan router kita .

cara mengaktifkan opsi 'Add ARP for Leases'. Caranya cukup mudah dengan klik dua kali pada DHCP Server dan centang opsi tersebut yang terletak di bagian paling bawah .


Kemudian  pada interface router dimana terdapat DHCP Server kita rubah parameter 'ARP' menjadi opsi 'reply-only'. Hal ini bertujuan agar router tidak melakukan update secara otomatis di tabel ARP List saat ada client/user yang terkoneksi menggunakan IP Address secara Static/Manual.



Langkah ini tentu lebih membuat jaringan terhindar dari conflict ip address .

semoga bermanfaat , terimkasih telah berkunjung :)

Bagikan

Jangan lewatkan

DHCP Security Pada Jaringan Mikrotik
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.